Electronic commerce yang disingkat e commerce atau dalam bahasa Indonesia disebut Perdagangan elektronik merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan business process yang menghubungkan perusahaan, konsumer, dan komunitas melalui transaksi elektronis dan pertukaran barang, servis dan informasi secara elektronis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya berkutat pada perniagaan saja tetapi juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan world wide web (www), e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau database,e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Ada banyak manfaat dari e-commerce ini, diantaranya adalah..
1. Biaya yang di gunadakan relatif kecil
2. Efektifitas waktu
3. Dapat meningkatkan value chain
4. costumer cenderung loyal
5. Market explosure
6. Revenue Stream baru
E-Commerce juga memiliki masalah dan hambatan, diantaranya adalah..
1.Dukungan pemerintah. Dukungan pemerintah yang masih belum jelas ditambah dengan belum adanya kebijakan-kebijakan yang mendukung perkembangan dari e-commerce.
2.Perkembangan infrastruktur yang lambat. Salah satu hambatan utama adalah masih kurangnya insfrastrukur yang ada dan belum merata kepelosok Indonesia.
3.Kurangnya sumber daya manusia. Kurangnya SDM Indonesia yang benar-benar menguasai sistem e-commerce ini secara menyeluruh, yang tidak saja menguasai secara teknis juga non-teknis seperti sistem perbankan, lalu lintas perdagangan hingga sistem hukum yang berlaku.
4.Dukungan dari institusi finansial seperti bank dan asuransi. Belum banyaknya bank yang telah membangun sistem ’electronic banking’ nya dengan baik, selain itu perbankan Indonesia juga masih sulit untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang lain.
Sumber : http://accountingcommunity.blogspot.com
Saturday, May 29, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment